Sak piro banter e sepedahmu...??
Itu adalah salah satu pertanyaan penuh makna bagi speedfreaker atau pecinta kecepatan. Bagi bro Arie copler #007 salah satu member kami yang merupakan speedfreak pertanyaan tersebut merupakan sebuah guyonan harian yang sering dilontarkan ke member-member kami yang lain. Jika kalian tau Honda CB150R yang merupakan motor sport yang bagi penulis sudah cukup kencang dikelasnya dengan kapasitas 150cc. Bayangkan dengan kondisi standar saja untuk mencapi speed lebih 140KPH merupakan hal yang mudah.
Sebagai pecinta kecepatan dan terispirasi dengan mesin-mesin GL series oplosan bro Arie#007 memodifikasi mesin CB150R sedemikian rupa dengan perhitungan yang rumit dan trial eror selama kurang lebih 1 tahun. Maka di dapatkan CB150R bermesin 200cc dengan spesifikasi yang bikin merinding bagi pecinta mesin oplosan. Pie sampean gak sabar to? Okay mari kita bahas satu persatu.
Pertama dari sektor Stroke alias langkah piston. Bro arie tidak tanggung-tanggung menaikan stroke yang awalnya dengan hanya main di 47.2mm bengkak menjadi 58 mm dengan mengaplikasikan crank as All New CB150R yang sudah di modif tentunya ujar pria 22 tahun itu Karena menggunakan crank as original maka untuk kekuatannya bisa dipastikan aman.
Kedua dari diameter piston awalnya hanya 63.5mm diupgrade menggunakan piston CBR 600cc dengan diameter 67mm sehingga jika dihitung volume total silinder yang digunakan adalah 205cc atau naik sekitar 37% dari volume awal.
Selain membengkakan volume, Bagian yang tak luput dirubah adalah ukuran klep yang digunakan yaitu in 24mm dan ex 22mm. Karena klep makin besar maka di perlukan porting dan sitting ulang klep sedemikian rupa agar udara yang masuk dan keluar lebih maksimal. Sedangkan untuk profile camshaft bro Arie enggan menyampaikan rahasianya jika mau tahu monggo ketemu langsung beliau di kopdaran CBSF-CG.
Untuk asupan fuel dipercayakan menggunakan injector CBR250R dan modifikasi ulang fuel pump sehingga menghasilkan tekanan Fuel dan perbandingan dengan udara yang pas untuk meledakkan piston gajah. Selain injector dan fuel pump yang kena modif berikutnyan adalah throttle body yang dibesarkan hingga 36mm. untuk filter udara masih mempercayakan kepada Ferrox. Untuk Knalpot dipercayakan kepada Pro Speed Shark series dengan model dan ukuran pipa yang sudah dimodifikasi.
Sedangkan untuk kelistrikan masih dirahasiakan bro Arie#007, jika ada yang mau tanya monggo langsung ke Kopdaran CBSF-CG. Sedangkan coilnya menggunakan ultraspeed racing. Tidak kalah penting adalah pengaplikasian busi original CBR250R sebagai executor pembakaran mesin.
Dengan pengaplikasian beberapa part original dari honda maka kualitas upgrade Mesin CB150R milik Bro Arie#007 tidak diragukan lagi kehandalannya. Tetapi sayang sekali untuk power dan torsi belum diukur diatas dyno, tapi jika dilihat dari spesifikasinya kemungkinan power naik diatas 25 PS. Pernah suatu hari penulis mencicipi motor ini, untuk mencapai angka 100 kmh membutuhkan waktu yang cukup cepat mungkin kurang lebih 5 detik dan rahihan top speed hanya nangkring di 160 kmh dengan kondisi rpm tertahan 11.5K rpm. Ada sedikit masukan untuk bro Arie#007, dengan naiknya strok dan bore up seharusnya diimbangi dengan perubahan rasio ditiap gigi-giginya agar power dan torsinya tersalur sempurna ke roda.
Okay Guys sekarang udah jelaskan Hasil Modifikasi Mesin CB150R Stroke up + Bore up 200cc Injeksi khas CBSF-CG.
Salam,
CBSF-CG
Eson Siro Dulur Kabeh









